Senin, 02 Januari 2012

menejemen sarana prasarana

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan untuk menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja kursi, serta alat-alat dan media pengajaran. Adapun prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah, dan sebagainya. Tetapi jika prasarana tersebut dimanfaatkan secara langsung untuk kegiatan proses belajar mengajar, seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah sebagai lapangan olah raga, maka komponen tersebut berubah merupakan sarana pendidikan. Jadi pengertian sarana dan prasarana tergantung dari pemanfaatan, apakah langsung atau tidak langsung berhubungan dengan kegiatan pembelajaran.

Karena pentingnya sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan, sehingga diperlukan pengaturan atau memanajemen sarana dan prasarana tersebut supaya dapat maksimal dalam penggunaannya. Manajemen sarana dan prasarana adalah pengaturan dan pemanfaatan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberi kontribusi secara optimal dalam menunjang pendidikan. Oleh karena itu kami mencoba melakukan observasi pada manajemen sarana prasarana pada SD Negeri Rejomulyo untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses dan kegiatan manajemen sarana dan prasarana sekolah tersebut. Setelah kami mencoba menganalisis beberapa kekurangan dan permasalahan pada manajemen sarana dan prasarana di sekolah tersebut. untuk lebih fokus kami kami lampirkan tujuan inti penelitian yang kami lakukan.

B. Tujuan Inti Penelitian

1. Bagaimana kondisi riel SDN Rejomulyo?

2. Bagaimana pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo?

3. Apakah ada permasalahan dalam manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo?

C. Tujuan Penelitian

1. Mengetahui kondisi riel SDN Rejomulyo.

2. Mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo.

3. Untuk mengetahui apakah ada permasalahan yang terjadi di dalam manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Kondisi Real SDN Rejomulyo

  1. Nama Sekolah : SDN REJOMULYO
  2. NSS : 101056301002
  3. Alamat

a. Jalan : JL. SUMBER JIPUT NO. 32

b. Kelurahan : REJOMULYO

c. Klasifikasi geografis : Perkotaan

d. Kecamatan : Kota

e. Kota : Kediri

f. Propinsi : Jawa Timur

g. Kode Pos : 64129

h. Telp : 0354 – 691279

i. E-mail : -

  1. Website : -
  2. Status Sekoalah : Negeri
  3. Akreditasi Sekolah : A
  4. Status Mutu : SD- SMP Satu Atap
  5. Kategori Sekolah : Biasa
  6. Waktu Penyelenggara : Pagi

Visi dan Misi SDN Rejomulyo

1. Visi

Profil Sekolah yang diinginkan untuk menjawab tantangan ke depan, dirumuskan dalam visi sekolah. Adapun visi SDN Rejomulyo adalah :

BERIMAN, TERDIDIK DAN BERBUDAYA

Profil SDN Rejomulyo meletakkan suatu Visi sebagai landasan untuk menghasilkan lulusan yang :

- Beriman yakni, dalam segala aktifitas, kemampuan yang dimiliki dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

- Terdidik yakni, didalam bertingkahlaku, seorang siswa yang telah belajar di SDN Rejomulyo akan menunjukkan sikap yang baik untuk siapapun.

- Berbudaya yakni, seseorang yang telah terdidik akan dapat melestrikan budaya yang ada khususnya budaya lokal yang ada di daerah situ.

2. Misi

Misi merupakan tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan. Misi SDN Rejomulyo dalam mewujudkan visi tersebut yaitu:

1. Menanamkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menanamkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya dan budaya sehingga menjadi kearifan dalam bertindak.

3. Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntunan masyarakat.

4. Meningkatkan prestasi dalam bidang ekstra kurikuler sesuai dengan potensi yang dimiliki.

B. Kegiatan Manajemen sarana dan prasarana pada SDN Rejomulyo

Manajemen sarana dan prasarana adalah proses pengelola sarana prasarana agar bermanfaat bagi lembaga untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen sarana dan prasarana yang baik diharapkan dapat menciptakan Sekolah yang bersih, rapi, indah, sehingga menciptakan kondisi yang menyenangkan baik bagi peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan yang berada di sekolah. Adapun kegiatan manajemen sarana dan prasarana yaitu meliputi:

1. Pengadaan

Kegiatan pengadaan barang ini yaitu didasari pada hasil analisa kebutuhan dari pengguna dan juga mempertimbangkan kemampuan lembaga. Adapun pada kegitan pengadaan barang di SDN Rejomulyo untuk memperoleh dananya yaitu dibantu oleh pemerintah dan sekolah tinggal meminta izin atau membuat proposal untuk memperoleh dana dan digunakan membeli barang yang dibutuhkan sekolah tersebut. Para wali murid SDN Rejomulyo membentuk suatu perkumpulan yang salah satu fungsinya membantu dalam pengadaan sarana dan prasarana sehingga memperlancar kegiatan belajar mengajar para siswa. Adapun bentuk sarana dan prasarana yang sudah diadakan oleh SDN Rejomulyo diantaranya yaitu :

a. Ruang yang terdapat pada SDN Rejomulyo

No

Nama Ruang

Jumlah

1

Ruang Teori/kelas

7

2

Lab Komputer

1

3

Ruang Perpustakaan

1

4

Ruang Kepala Sekolah

1

5

Ruang Guru

1

6

Ruang UKS

1

7

Koperasi/toko

1

8

Kamar mandi/WC Guru

1

9

Kamar mandi/WC Siswa

4

10

Rumah penjaga sekolah

2

Perlengkapan Kegiatan Belajar Mengajar (ruang teori dan praktek)

Komputer

Printer

Lemari

TV/Audio

Meja siswa

Kursi siswa

10

2

9

1

80

205

Perlengkapan Administrasi

Pada sarana dan prasarana dibidang olahraga di SDN Rejomulyo mempunyai beberapa fasilitas yang menunjang hal tersebut yaitu terdapat lapangan serba guna, meja tenis, dan alat-alat yang digunakan olahraga lainnya.

2. Pemanfaatan

Setelah dilakukaan pengadaan sarana dan prasarana selanjutnya barang dimanfaatkan secara maksimal dengan tujuan untuk menunjang pencapaian tujuan lembaga. Dalam proses pemanfaatan SDN Rejomulyo memanfaatkan semua sarana dan prasarana yang sudah diadakan. Hal ini dikarenakan semua sarana dan prasarana yang sudah ada sangat dibutuhkan dalam menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar. Seperti pemanfaatan Lab komputer dilakukan penjadwalan tiap kelas. Sehingga setiap minggunya Lab komputer dapat dimanfaatkan secara maksimal.

3. Pemeliharan

Pemeliharaan barang, yang dilakukan terhadap semua fasilitas yang ada dan berfungsi untuk efisiensi, sehingga perlu disediakan anggaran sendiri. Dalam kegiatan pemeliharaan barang pada SDN Rejomulyo dilakukan oleh tenaga ahli dibidangnya. Jika terjadi kerusakan maka dilakukan perbaikan pada barang tersebut. Dalam kelas juga dilakukan pemeliharaan yaitu dengan menjadwal piket kelas yang dilakukan siswa-siswa sehingga kelas tetap terawat dengan baik.

4. Peniadaan

Peniadaan barang, yang diperlukan dilakukan terhadap barang yang sudah tidak digunakan serta barang yang biaya pemeliharaannya lebih besar dibandingkan maanfaatnya. Seperti kursi dan bangku siswa yang sudah tidak layak pakai atau rusak maka dipindahkan di gudang, ketika masih dapat diperbaiki barang tersebut maka dilakukan perbaikan, tetapi kalau tidak maka tidak dimanfaatkan lagi.

C. Permalasalahan dan Solusi

a. Permasalahan

Dari hasil observasi terhadap manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo, bahwa SDN Rejomulyo sudah termasuk SD yang mempunyai sarana dan prasarana yang cukup lengkap di dalam mendidik para siswanya. Mungkin ada beberapa sarana yang belum dimiliki oleh SDN Rejomulyo, namun hal ini tidak begitu berpengaruh terhadap pembelajaran di SDN Rejomulyo itu sendiri, karena ini hnyalah fasilitas tambahan yang apabila ada, maka akan menjadi lebih baik. Fasilitas tersebut antara lain:

1. Belum adanya tempat ibadah.

2. Lab. IPA yang belum ada.

3. Lapangan yang kurang representatif.

4. Belum adanya gudang sekolah.

b. Solusi

Untuk mengataasi beberapa permasalahan tersebut kami mencoba memberi beberapa tawaran untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya:

  1. Membangun tempat ibadah dengan tujuan ketika siswa mendapat pelajaran agama, siswa langsung praktek di tempat tersebut agar tidak bosan di kelas dan membiasakan siswa rajin pergi ke tempat ibadah.dalam hal ini nanti mungkit dapat mengajukan proposal kepada pemerintah dan meminta bantuan dari setiap wali murid tersebut. Adapun contoh dari proposal tersebut seperti terlampir.
  2. Membuat sekat pada ruang komputer yang mugkin dirasa cukup luas untuk menjadi dua bagian. Yang satu sebagai ruang komputer, dan satunya laboratorium IPA.
  3. Kami menawarkan mungkin akan lebih baik jika lapangan yang ada di halaman sekolah tersebut di buat garis pembatas seperti contoh garis lapangan bola voli dengan tujuan agar siswa tahu secara langsung berapa panjang dan luas lapangan bola voli itu sebenarnya.
  4. Untuk gudang, mungkin dapat dibuat diantara rumah penjaga sekolah bagian selatan. Karena kami lihat disitu ada sedikit tempat yang mungkin cocok untuk gudang sekolah.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

SDN Rejomulyo adalah salah satu SD Negeri yang ada di Kota Kediri, tepatnya di Jl. Sumber Jiput No. 32 Rejomulyo -Kediri. Sekolah ini memiliki jumlah siswa 202. Visi SDN Rejomulyo adalah “ Beriman, Terdidik dan Berbudaya”.

Sedangkan misinya adalah menanamkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya dan budaya sehingga menjadi kearifan dalam bertindak, meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntunan masyarakat, dan meningkatkan prestasi.

Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo sudah berjalan baik. Hal ini terbukti adanya menejemen yang tertata rapi dalam segala bidang yang berkenaan dengan masalah sarana dan prasarana di SDN Rejomulyo ini.

MENEJEMEN SARANA DAN PRASARANA

SDN REJOMULYO

Tugas Ini Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas

Pada Mata Kuliah ”Administrasi dan Menejemen Pendidikan”

Dosen Pengampu:

Dra. Hj. Munifah, M. Pd

Disusun Oleh:

Teguh Winarno

9321 009 10

JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI

(STAIN) KEDIRI

2011

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga observasi yang penyusun lakukan berjalan dengan lancar dan menyajikan hasil observasi ini. Makalah hasil ini penyusun tulis dalam rangka memenuhi tugas Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Berdasarkan lokasi dan objek manajemen yang penyusun ambil, maka hasil observasi ini berjudul ” Manajemen Sarana dan Prasarana di SDN Rejomulyo”.

Dalam kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan berupa arahan dan dorongan selama penyusunan hasil observasi. Oleh karena itu penyusun menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

  1. Dra.Hj. Munifah, M.Pd selaku dosen pengampu Administrasi dan Manajemen Pendidikan.
  2. Ibu Endang Pujiastuti, S.Pd selaku Kepala SDN Rejomulyo.
  3. Seluruh guru dan pegawai SDN Rejomulyo yang telah membantu menyusun sehingga selesainya laporan ini.
  4. Dan teman-teman yang turut mendukung terselesainya observasi ini.

Dengan segala kerendahan hati, penyusun menyadari hasil observasi ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu penyusun menerima kritik dan saran yang membangun agar menjadi perbaikan untuk penyempurnaan di kemudian hari. Harapan penyusun semoga hasil observasi ini berguna bagi penulis dan para pembaca pada umumnya.

Kediri, 07 Desember 2011

Penyusun



i


HALAMAN PENGESAHAN


Laporan hasil observasi ini disusun oleh:

Nama : Teguh Winarno

NIM : 9321.009.10

Judul : Manajemen Sarana dan Prasarana SDN Rejomulyo

Laporan observasi Manajemen Sarana dan Prasarana ini disahkan oleh kepala SDN Rejomulyo pada tanggal.....................................

Mengetahui,

Kepala SDN Rejomulyo

Endang Pujiastuti, S.Pd

NIP : 19610903 198303 2 008



ii

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

 
;