Rabu, 07 November 2012

pengertian belajar



MENURUT WINKEL, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
MENURUT ERNEST R. HILGARD dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Sedangkan Pengertian Belajar menurut GAGNE dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
MOH. SURYA (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi belajar menurut beberapa ahli"
NASUTION Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan
ERNEST H. HILGARD Belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu
 NOTO ATMODJO Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup
AHMADI A. Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia
OEMAR H. Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan
CRONBACH Belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya
WINKEL Belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap
NOEHI NASUTION Belajar adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau adanya perubahan sementara karena suatu hal
SNELBECKER Belajar adalah harus mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal
WHITERINGTON Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam perubahan ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap
Pengertian belajar. Definisi belajar. Pengertian belajar menurut para ahli. Pengertian pembelajaran menurut para ahli. Definisi belajar menurut para ahli. Pengertian belajar menurut beberapa ahli. Pengertian belajar dan pembelajaran menurut para ahli.
Arti belajar. Pengertian kemampuan menurut para ahli. Belajar menurut para ahli. Definisi belajar dan pembelajaran menurut para ahli. Defenisi belajar. Arti belajar menurut para ahli. Makna belajar.
Pengertian belajar menurut ahli. Definisi belajar dan pembelajaran. Konsep belajar. Definisi belajar menurut beberapa ahli. Pengertian belajar menurut slameto. Teori belajar menurut para ahli. Devinisi belajar.
Pengertian melatih. Defenisi belajar menurut para ahli. Definisi kemampuan menurut para ahli. Belajar menurut ahli. Pengertian pelajar menurut para ahli. Pengertian belajar menurut. Definisi belajar menurut ahli.
Definisi kemampuan. Pengertian cara belajar menurut para ahli. Pengertian siswa menurut para ahli. Pengertian cara belajar. Defenisi pembelajaran menurut para ahli. Pengajaran menurut para ahli. Pengertian kepribadian menurut para ahli.
Pengertian belajar mengajar menurut para ahli. Pengertian kemampuan belajar. Pengertian pengetahuan menurut notoatmodjo. Pengertian belajar adalah. Pengertian metode belajar menurut para ahli. Pengertian dari belajar. Pengertian melatih menurut para ahli.
Penertian belajar. Definisi keterampilan menurut para ahli. Pegertian belajar. Pengertian teori belajar menurut para ahli. Belajar adalah. Pengetian belajar. Makna belajar menurut para ahli.
Definisi belajar menurut tokoh. Definisi belajar menurut para tokoh. Teori belajar menurut ahli. Cara belajar para ilmuan. Pengertian kepribadian menurut para tokoh. Arti kemampuan. Definisi cara belajar.
Definisi kemampuan belajar. Handphone menurut para ahli. Pengertian tentang belajar. 10 definisi belajar. Definisi pelajar menurut para ahli. 5 definisi belajar. Kemampuan menurut para ahli.
Cara belajar menurut para ahli. Difinisi belajar. Arti kemampuan menurut para ahli. Definisi mendidik menurut para ahli. Teori sikap menurut para ahli. Pemahaman belajar. Makna pembelajaran menurut para ahli.
Devinisi belajar menurut para ahli. Pengertian kepribadian menurut beberapa ahli. Definisi belajar menurut. Pengertian belajar menurut para tokoh. Pengertian belajar dari para ahli. Pengertian mengajar menurut ahli. Pengertian interaksi belajar mengajar menurut para ahli.
10 definisi pendidikan menurut para ahli. Pengertianbelajar. 5 pengertian belajar. Belajar menurut. Pengertian belajar menurut pakar. Teori belajar menurut beberapa ahli. Definisi dari belajar.
Belajar dan pembelajaran menurut ahli. Pengrtian belajar. Pngertian belajar. Pengertian sikap belajar. Pengertian belajar dari beberapa ahli. Pengertian belajar menurut parah ahli. Pengertian belajar menurut para pakar.
Definisi kepribadian menurut para ahli. Pengertian dan definisi belajar menurut para ahli. Belajar mengajar menurut para ahli. Apa arti belajar. Makna pembelajaran. Pengertian belajar para ahli. Belajar menurut slameto.
Pengertian pembelajaran para ahli. Pengertian belajar dan mengajar.



0 komentar:

Posting Komentar

Pages

 
;