Sabtu, 25 Mei 2013

laporan study eksekusi di mts negeri 1 malang

LAPORAN HASIL STUDY EKSKURSI
DI MTSN MALANG I

Tugas ini di selesaikan guna memenuhi tugas pratikum prodi PAI.
Dosen pembimbing:

Logo Stain Kediri Warna


Disusun Oleh :
M.MIFTAH SAIFULLOH
9321.075.09

JURUSAN TARBIYAH - PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2012

A.      PROFIL MTsN MALANG I
(terlampir termasuk visi dan misi, sarana prasarana, sumber belajar dan
dokumentasi)
B.       Laporan Hasil Study Ekskursi
Agenda praktek yang di laksanakan pada tanggal 27 mei 2012 ini sudah membawa manfaaat yang sangat baik bagi mahasiswa khusunya prodi PAI Pendidikan Agama Islam Stain Kediri, karena darisana kami dapat memperoleh banyak pengetahuan baru yang mana kami langsung melihat bagaimana prses pengembangan/ pengelolaan Lembaga dengan signifikan yang mana belum pernah kita peroleh dalam perkuliahan yang mana lebih banyak terdapat teori-teori saja.
Dari study ekskursi yang di laksanakan di MTsN Malang 1 saya mendapat berbagai informasi yang termasuk di dalamnya termasuk mulai dari input penerimaan siswa yang sangat selektif, penanaman karakter yang sangant signifikan, pengebangan profesionalisme pendidik, pengembangan lembaga dan bahkan sampai bagaimana penanaman kepercayaan kepada orang tua murid atau wali murid. Yang mana penanaman kepercayaan kepada wali murid ini adalah faktor yang sangat penting dan harus di laksanakan. Dan ke ikhlasan adalah budaya yang selalu di terapkan di lembaga ini. Maka dari itu saya dapat memisahkan ada beberapa keterangan yakni yang pertama :
a.       Input/ penerimaan peserta didik (siswa)
Disini lembaga pada khusunya ada beberapa kriteria dalam penseleksian siswa yang akan masuk ke dalam lembaga sebagai siswa aktif, yakni dengan dengan jalur unggulan, terpadu, dan reguler.
·         Yang di maksut dengan jalur unggulan disini lembaga mempunyai sarat siswa yang dapat masuk ke dalam lembaga harus memenuhi sarat bahwa nilai raport midle test harus nilai 80-100,
·         Yang di maksut dengan jalur Terpadu adalah disini lembaga mempunyai sarat siswa yang dapat masuk ke dalam lembaga harus memenuhi sarat bahwa nilai raport midle test harus nilai 70-80.
·         Dan yang di maksut dengan jalur reguler adalah lembaga memberi keleluasaan bagi masyarakat yang kurang mampu namun berprestasi untuk mengikuti test yang diselenggarakan lembaga sebagai seleksi untuk dapat masuk ke lembaga MTsN Malang 1
·         Jalur non akademik
b.      Pengembangan Profesionalisme Guru
Pengembangan keprofeisonalan guru di lembaga MTsN Malang 1 mempunyai banyak kegiatan salah satunya adalah mengikuti seminar yang di adakan diknas, dan mengadakan seminar sendiri bahkan menyekolahkan beberapa pendidik yang mana nanti hasil dari pendidikan di tularkan kepada pendidik yang lain, yang jelas pendidik di MTsN Malang 1 ini haruslah aktif dan proporsional dengan bidang mata pelajaran yang di kuasainya yang mana nanti akan membawa dampak baik kepada peserta didik dan proses pembelajaran berlangsung.
c.       Penanman Karakter  kepada Peserta didik maupun Pendidik.
Di MTsN Malang 1 sudah bilang sudah erhasil dalam pembentukan karakter kepada peserta didik maupun kepada pendidik sendiri, karena di MTsN Malang 1 tidak suka hanya mempelajari teori pendidikan karakter, namun lebih cenderung langsung memperaktekanya dengan menggunakan penunjang-penunjang yang di butuhkan, bahkan dengan media-media yang ada di luar dugaan saya. Seperti menggunakan teknologi yang sdah termasuk canggih bila di bandingkan dengan pendidikan di indonesia, dan juga pemanfaatan sarana pendukung dengan cara semaksimal mungkin. Seperti yg di sebutkan oleh bapak Taufik sbagai humas” di sekolahan ini tidak suka hanya mempelajari teori-teori pendidikan karakter yang tetek bengek yang jelas kami selalu berusaha langsung mempraktikan dengan sarana pedukung semaksimal mungkin”dan salah satu contoh karakter yang di tanamkan adalah ke disiplinan dan juga tawadu’ terhadap guru, yang mana peserta didik setiap pagi menjelang masuk kampus MTsN Malang 1 selalu di sambut oleh guru-guru yang bertugas yang mana nanti siswa yang datang menyalami guru yang sudah meyambut di depan gerbang, jadi pada intinya pendidik maupun peserta didik harus datang sebelum waktu pembelajaran aktif di mulai dan murid disini akan terbiasa menghormati guru dimanapun guru itu berada. Dan untuk kedisiplinan setiap peserta didik di beri ID CARD yang mana setiap peserta didik melakukan apsensi secara online yang mana nanti ID CARD haruslah di gesekan seperti ATM dan nanti dari operator sekolah atau data bess sekolah akan senantiasa memberikan kabar kepada orang tua murid dengan cara otomatis setelah murid melakukan apsensi, jadi bila siswa terlambat mekipun hanya satu detik maka laporan dari MTsN Malang 1 kepada wali murid yang di krim melalui pesan otomatis juga akan terdapat kalimat terlambat.
Semisal di MTsN Malang 1 waktu masuk paling lambat jam 06.40 Wib dan jika siswa apsensi jam 06.40.1 Wib brati siswa telh terlambat satu detik.
Sangat begitu disiplinya pendidikan tingkat MTs, yang mana sangat mencegangkan saya.
d.      Penanaman kepercayaan kepada wali murid.
MTsN Malang 1 sangat mengutamakan kepercayaan wali murid yang mana nantinya ini akan berdampak baik bagi lembaga sendiri, dalam penanaman kepercayaan kepada wali murid MTsN Malang 1 selaku lembaga yang di beri amanah dari walimurid untuk mendidik anaknya agar dapat pintar dan lain sebagainya makan lembaga MTsN Malang 1 sangat berani mengambil amanah ersebut dengan memberi pelayanan yang sangat baik dan memuaskan, dengan cara yang sangat maksimal, dengan cara memberikan fasilitas SDM Pendidik dan SDA penunjangnya yang berkualitas, yang mana nanti akan menghasilkan output yang berkompeten dalam bidangnya. Seperti yang di katakan Bpk. Taufik selaku humas”kepercayaan yang kita tanamkan keada wali murid sangatlah penting guna mengembangkan lembaga MTsN Malang 1, yang mana banyak wali murid yang telah menyumbang dana bahkan smpek puluhan juta hanya karena dasra ia percaya kepada kita(MTsN Malang 1)”. itu tutur beliau selaku pemateri waktu study ekskursi di MTsN Malang 1.
e.       Membudayakan ikhlas.
di MTsN Malang 1 landasan ikhlas yang ahirnya menghasilkan berkembang pesatnya lembaga MTsN Malang 1 hingga saat ini, mulai dari modal yang sangat minim sampai sekarang yang menghasilkan banyak kepercayaan walimurid. Seperti yang di tuturkan bpk. Taufik “sejarah dulu hanya bermodal 5jt, dapat membangung sekolahan ini(MTsN Malang 1) sampai seperti ini, hanya karena satu’Ikhlas”.

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1.      melakukan pembiasaan Mengaji (tadarrus) dan shalat Dhuha
2.      mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secaraberkelanjutan;
3.       mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
4.      mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orang tua dan pelaporan kepada orang secara berkala
5.      kerja sama dengan orang tua/masyarakat yang diwujudkan dengan kegiatan : Parents day, POS/POCO
6.      kerja sama dengan Majelis Madrasah diantaranya dengan: Dunia Usaha (kerjasama saling menguntungkan misalnya sistim seponsor), Pameran hasil kreasi yang bisa menarik minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan hasil produksi. (misalnya hasil kerajinan tangan siswa, telor asin dan sebagainya)
7.      pengaturan sistuasi lingkungan dan tata kerja serta pelayanan yang baik kepada pihak pengguna/masyarakat
8.      meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam kawasan sekolah untuk mencapai sarana pendukung pengelolaan lingkungan sekolah dengan Sanitasi yang baik, Pencahayaan kelas yang memadai dan Pohon peneduh yang imbang.
9.      membentuk tim KIR dan Tim Olimpiade yang dibina secara berkelanjutan
10.  pengadaan buku penunjang dan buku perpustakaan
11.  menjalin komunikasi yang baik dengan pihak Depag, Diknas, dan Perguruan Tinggi di Malang dalam pembinaan IJSO,OSN, IBO
12.  kerjasama dengan Diknas, Dinas Kesehatan, Kebersihan, Dinas Lingkungan atau pihak lain untuk terwujudnya penerapan gizi seimbang bagi warga sekolah dan pelaksanaan program sekolah sehat, hijau dan produktif
13.  kerjasama dengan Dinas Kebersihan untuk pengembangan sistem pengelolaan sampah untuk pengelolaan dan pemanfaatan sampah menjadi kompos dan produk lainnya
14.  kerjasama Kegiatan Berbasis Parsipatif meliputi program kegiatan: ekstrakurikuler/kurikuler bidang lingkungan hidup melalui wadah KKR, Pramuka, PMR,Pecinta Alam
15.  membangun kemitraan dalam pengembangan pendidikan dengan Bank dan dunia Usaha.










F Lampiran

A.  VISI Dan Misi
Pesatnya perkembangan IPTEK dan tantangan di masa depan yang semakin kompleks, bergesernya paradigma masyarakat, kesadaran masyarakat serta orang tua terhadap pendidikan memacu MTsN Malang I untuk merespon tantangan dan peluang tersebut dengan obyektif serta terencana. MTsN Malang I memiliki cita dan citra mendambakan profil sekolah yang unggul di masa datang yang diwujudkan dalam.

VISI MTsN MALANG I
Terwujudnya sumber daya insani Yang berkualitas unggul Bidang imtaq dan iptek Dengan berwawasan lingkungan hidup

MISI MTsN MALANG I
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas  Unggul dalam imtaq dan iptek berwawasan lingkungan hidup, dengan upaya meningkatkan peran serta masyarakat

Untuk mewujudkan VISI MTsN tersebut, maka ditentukan langkah-langkah strategis yang
dinyatakan dalam berikut ini:
1.      Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan yang cerdas dan kompetitif dengan sikap dan amaliah Islam, berkeadilan, relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan global.
2.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang berkualitas.
3.      Menumbuhkan budaya lingkungan MTsN Malang I yang bersih, aman, dan sehat.
4.      Meningkatkan budaya unggul warga MTsN Malang I baik dalam prestasi akademik dan nonakademik
5.      Menumbuhkan minat baca dan tulis
6.      Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab
7.      Menerapkan manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan seluruh steakholder Madrasah.

B.     Sarana dan Prasarana
1.       Tanah dan Halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik negara dalam hal ini di bawah Departemen Agama . Luas areal seluruhnya 6.295 m2. Di Sebelah kanan MTsN Malang I berbatasan langsung dengan MIN Malang I dan di sebelah kiri MTsN Malang I berbatasan dengan MAN 3 Malang.


2.    Sumber belajar
Perpustakaan merupakan pusat sumber ilmu yang utama, maka diperpustakaan MTsN Malang 1 dilengkapi dengan berbagai macam bukubuku yang ada, yang meliputi :
a.    Jumlah buku Perpustakaan MTsN Malang 1 : ± 14.163 eksemplar
b.    Jumlah buku pelajaran : 8.043 eksemplar
c.    Jumlah judul buku : 1.274 judul
d.    Koran / surat kabar : tiap hari 3 surat kabar
e.    Majalah : tiap bulan 4 majalah
f.     Media Pembelajaran
3.    Media pembelajaran yang tesedia meliputi
a.    Perpustakaan lengkap, AC, serta multi media
b.    TV di tiap salah satu kelas mata pelajaran
c.    VCD player di tiap salah satu kelas mata pelajaran
d.    CD pembelajaran lengkap berada di unit komputer dan perpustakaan
e.    LCD proyektor tersedia di aula yang permanent, dan satu unit lagi disimpan di ruang IT untuk bias digunakan sewaktu waktu, di luar aula untuk setiap waktu diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar
f.     Komputer75 unit dan akses internet 24 jam
g.    Kaset dan video recorder
h.    Aula dilengkapi dengan sound system, 1 hall terbuka multi guna
i.      Masjid “AL FAJAR” sebagai prasarana ibadah warga MTsN Malang 1,yang sekaligus sebagai laboratorium keagamaan
j.      Laboratorium sain 2 lokal, laboratorium bahasa manual 1 lokal dengan 40 both, laboratorium bahasa multimedia satu lokal dengan 28 unitcomputer, laboratorium computer,laboratorium psychology,bengkel senirupa, green house, laboratorium’FARA TV’,studio musik
k.    24 lokal untuk moving claas, 3 kelas bilingual
l.      1 ruang bimbingan conseling
m.   Lapangan basket dan volley
n.    2 gazebo untuk tempat diskusi siswa di luar kelas

F  Dokumentasi
IMG_0438.JPG
(gmbr. 1)
seluruh DPL beserta Humas di MTsN Malang I
IMG_0444.JPG
(gmbr.2)
Foto kelas skaligus proses KBM
IMG_0455.JPG
(gmbr.3)
Perpustakaan di MTsN Malang I
IMG_0485.JPG
(gmbr.4)
Penulis beserta bpk. Taufik selaku Humas di MTsN Malang I


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

 
;