LAPORAN HASIL STUDY
EKSKURSI
DI MTSN MALANG I
Tugas
ini di selesaikan guna memenuhi tugas pratikum prodi PAI.
Dosen
pembimbing:
Disusun
Oleh :
M.MIFTAH SAIFULLOH
9321.075.09
JURUSAN TARBIYAH - PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2012
A.
PROFIL MTsN MALANG I
(terlampir
termasuk visi dan misi, sarana prasarana, sumber belajar dan
dokumentasi)
B.
Laporan Hasil Study Ekskursi
Agenda
praktek yang di laksanakan pada tanggal 27 mei 2012 ini sudah membawa manfaaat yang
sangat baik bagi mahasiswa khusunya prodi PAI Pendidikan Agama Islam Stain
Kediri, karena darisana kami dapat memperoleh banyak pengetahuan baru yang mana
kami langsung melihat bagaimana prses pengembangan/ pengelolaan Lembaga dengan
signifikan yang mana belum pernah kita peroleh dalam perkuliahan yang mana
lebih banyak terdapat teori-teori saja.
Dari
study ekskursi yang di laksanakan di MTsN Malang 1 saya mendapat berbagai
informasi yang termasuk di dalamnya termasuk mulai dari input penerimaan siswa yang sangat selektif, penanaman karakter yang
sangant signifikan, pengebangan profesionalisme pendidik, pengembangan lembaga dan
bahkan sampai bagaimana penanaman kepercayaan kepada orang tua murid
atau wali murid. Yang mana penanaman kepercayaan kepada wali murid ini adalah
faktor yang sangat penting dan harus di laksanakan. Dan ke ikhlasan adalah budaya
yang selalu di terapkan di lembaga ini. Maka dari itu saya dapat memisahkan ada
beberapa keterangan yakni yang pertama :
a.
Input/
penerimaan peserta didik (siswa)
Disini
lembaga pada khusunya ada beberapa kriteria dalam penseleksian siswa yang akan
masuk ke dalam lembaga sebagai siswa aktif, yakni dengan dengan jalur unggulan, terpadu, dan reguler.
·
Yang
di maksut dengan jalur unggulan disini lembaga mempunyai sarat siswa yang dapat
masuk ke dalam lembaga harus memenuhi sarat bahwa nilai raport midle test harus
nilai 80-100,
·
Yang
di maksut dengan jalur Terpadu adalah disini lembaga mempunyai sarat siswa yang
dapat masuk ke dalam lembaga harus memenuhi sarat bahwa nilai raport midle test
harus nilai 70-80.
·
Dan
yang di maksut dengan jalur reguler adalah lembaga memberi keleluasaan bagi
masyarakat yang kurang mampu namun berprestasi untuk mengikuti test yang
diselenggarakan lembaga sebagai seleksi untuk dapat masuk ke lembaga MTsN
Malang 1
·
Jalur
non akademik
b.
Pengembangan
Profesionalisme Guru
Pengembangan
keprofeisonalan guru di lembaga MTsN Malang 1 mempunyai banyak kegiatan salah
satunya adalah mengikuti seminar yang di adakan diknas, dan mengadakan seminar
sendiri bahkan menyekolahkan beberapa pendidik yang mana nanti hasil dari
pendidikan di tularkan kepada pendidik yang lain, yang jelas pendidik di MTsN
Malang 1 ini haruslah aktif dan proporsional dengan bidang mata pelajaran yang
di kuasainya yang mana nanti akan membawa dampak baik kepada peserta didik dan
proses pembelajaran berlangsung.
c.
Penanman
Karakter kepada Peserta didik maupun
Pendidik.
Di
MTsN Malang 1 sudah bilang sudah erhasil dalam pembentukan karakter kepada
peserta didik maupun kepada pendidik sendiri, karena di MTsN Malang 1 tidak
suka hanya mempelajari teori pendidikan karakter, namun lebih cenderung
langsung memperaktekanya dengan menggunakan penunjang-penunjang yang di
butuhkan, bahkan dengan media-media yang ada di luar dugaan saya. Seperti
menggunakan teknologi yang sdah termasuk canggih bila di bandingkan dengan
pendidikan di indonesia, dan juga pemanfaatan sarana pendukung dengan cara
semaksimal mungkin. Seperti yg di sebutkan oleh bapak Taufik sbagai humas” di
sekolahan ini tidak suka hanya mempelajari teori-teori pendidikan karakter yang
tetek bengek yang jelas kami selalu berusaha langsung mempraktikan dengan
sarana pedukung semaksimal mungkin”dan salah satu contoh karakter yang di
tanamkan adalah ke disiplinan dan juga tawadu’ terhadap guru, yang mana peserta
didik setiap pagi menjelang masuk kampus MTsN Malang 1 selalu di sambut oleh
guru-guru yang bertugas yang mana nanti siswa yang datang menyalami guru yang
sudah meyambut di depan gerbang, jadi pada intinya pendidik maupun peserta
didik harus datang sebelum waktu pembelajaran aktif di mulai dan murid disini
akan terbiasa menghormati guru dimanapun guru itu berada. Dan untuk
kedisiplinan setiap peserta didik di beri ID CARD yang mana setiap peserta
didik melakukan apsensi secara online yang mana nanti ID CARD haruslah di
gesekan seperti ATM dan nanti dari operator sekolah atau data bess sekolah akan
senantiasa memberikan kabar kepada orang tua murid dengan cara otomatis setelah
murid melakukan apsensi, jadi bila siswa terlambat mekipun hanya satu detik
maka laporan dari MTsN Malang 1 kepada wali murid yang di krim melalui pesan
otomatis juga akan terdapat kalimat terlambat.
Semisal
di MTsN Malang 1 waktu masuk paling lambat jam 06.40 Wib dan jika siswa apsensi
jam 06.40.1 Wib brati siswa telh terlambat satu detik.
Sangat
begitu disiplinya pendidikan tingkat MTs, yang mana sangat mencegangkan saya.
d.
Penanaman
kepercayaan kepada wali murid.
MTsN
Malang 1 sangat mengutamakan kepercayaan wali murid yang mana nantinya ini akan
berdampak baik bagi lembaga sendiri, dalam penanaman kepercayaan kepada wali
murid MTsN Malang 1 selaku lembaga yang di beri amanah dari walimurid untuk
mendidik anaknya agar dapat pintar dan lain sebagainya makan lembaga MTsN
Malang 1 sangat berani mengambil amanah ersebut dengan memberi pelayanan yang
sangat baik dan memuaskan, dengan cara yang sangat maksimal, dengan cara
memberikan fasilitas SDM Pendidik dan SDA penunjangnya yang berkualitas, yang
mana nanti akan menghasilkan output yang berkompeten dalam bidangnya. Seperti
yang di katakan Bpk. Taufik selaku humas”kepercayaan
yang kita tanamkan keada wali murid sangatlah penting guna mengembangkan
lembaga MTsN Malang 1, yang mana banyak wali murid yang telah menyumbang dana
bahkan smpek puluhan juta hanya karena dasra ia percaya kepada kita(MTsN Malang
1)”. itu tutur beliau selaku pemateri waktu study ekskursi di MTsN Malang 1.
e.
Membudayakan
ikhlas.
di
MTsN Malang 1 landasan ikhlas yang ahirnya menghasilkan berkembang pesatnya
lembaga MTsN Malang 1 hingga saat ini, mulai dari modal yang sangat minim
sampai sekarang yang menghasilkan banyak kepercayaan walimurid. Seperti yang di
tuturkan bpk. Taufik “sejarah dulu hanya
bermodal 5jt, dapat membangung sekolahan ini(MTsN Malang 1) sampai seperti ini,
hanya karena satu’Ikhlas”.
Sasaran
program tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib
dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1.
melakukan
pembiasaan Mengaji (tadarrus) dan shalat Dhuha
2.
mengadakan
pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secaraberkelanjutan;
3.
mengadakan jam tambahan pada pelajaran
tertentu;
4.
mengintensifkan
komunikasi dan kerjasama dengan orang tua dan pelaporan kepada orang secara
berkala
5.
kerja
sama dengan orang tua/masyarakat yang diwujudkan dengan kegiatan : Parents day,
POS/POCO
6.
kerja
sama dengan Majelis Madrasah diantaranya dengan: Dunia Usaha (kerjasama saling menguntungkan
misalnya sistim seponsor), Pameran hasil kreasi yang bisa menarik minat masyarakat
untuk membeli atau menggunakan hasil produksi. (misalnya hasil kerajinan tangan
siswa, telor asin dan sebagainya)
7.
pengaturan
sistuasi lingkungan dan tata kerja serta pelayanan yang baik kepada pihak
pengguna/masyarakat
8.
meningkatkan
kualitas pengelolaan lingkungan di dalam kawasan sekolah untuk mencapai sarana
pendukung pengelolaan lingkungan sekolah dengan Sanitasi yang baik, Pencahayaan
kelas yang memadai dan Pohon peneduh yang imbang.
9.
membentuk
tim KIR dan Tim Olimpiade yang dibina secara berkelanjutan
10.
pengadaan
buku penunjang dan buku perpustakaan
11.
menjalin
komunikasi yang baik dengan pihak Depag, Diknas, dan Perguruan Tinggi di Malang
dalam pembinaan IJSO,OSN, IBO
12.
kerjasama
dengan Diknas, Dinas Kesehatan, Kebersihan, Dinas Lingkungan atau pihak lain untuk
terwujudnya penerapan gizi seimbang bagi warga sekolah dan pelaksanaan program
sekolah sehat, hijau dan produktif
13.
kerjasama
dengan Dinas Kebersihan untuk pengembangan sistem pengelolaan sampah untuk
pengelolaan dan pemanfaatan sampah menjadi kompos dan produk lainnya
14.
kerjasama
Kegiatan Berbasis Parsipatif meliputi program kegiatan: ekstrakurikuler/kurikuler
bidang lingkungan hidup melalui wadah KKR, Pramuka, PMR,Pecinta Alam
15.
membangun
kemitraan dalam pengembangan pendidikan dengan Bank dan dunia Usaha.
F Lampiran
A. VISI Dan Misi
Pesatnya
perkembangan IPTEK dan tantangan di masa depan yang semakin kompleks,
bergesernya paradigma masyarakat, kesadaran masyarakat serta orang tua terhadap
pendidikan memacu MTsN Malang I untuk merespon tantangan dan peluang tersebut
dengan obyektif serta terencana. MTsN Malang I memiliki cita dan citra
mendambakan profil sekolah yang unggul di masa datang yang diwujudkan dalam.
VISI MTsN MALANG I
Terwujudnya sumber daya insani Yang berkualitas unggul Bidang
imtaq dan iptek Dengan berwawasan lingkungan hidup
MISI MTsN MALANG I
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas Unggul dalam imtaq dan iptek berwawasan
lingkungan hidup, dengan upaya meningkatkan peran serta masyarakat
Untuk
mewujudkan VISI MTsN tersebut, maka ditentukan langkah-langkah strategis yang
dinyatakan dalam
berikut ini:
1. Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan yang cerdas dan
kompetitif dengan sikap dan amaliah Islam, berkeadilan, relevan dengan
kebutuhan masyarakat lokal dan global.
2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang berkualitas.
3. Menumbuhkan budaya lingkungan MTsN Malang I yang bersih, aman, dan
sehat.
4. Meningkatkan budaya unggul warga MTsN Malang I baik dalam prestasi
akademik dan nonakademik
5. Menumbuhkan minat baca dan tulis
6. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab
7. Menerapkan manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan seluruh
steakholder Madrasah.
B. Sarana dan Prasarana
1. Tanah
dan Halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik negara
dalam hal ini di bawah Departemen Agama . Luas areal seluruhnya 6.295 m2. Di Sebelah kanan MTsN Malang I berbatasan langsung dengan MIN
Malang I dan di sebelah kiri MTsN Malang I berbatasan dengan MAN 3 Malang.
2. Sumber belajar
Perpustakaan merupakan pusat sumber ilmu yang
utama, maka diperpustakaan MTsN Malang 1 dilengkapi dengan berbagai macam
bukubuku yang ada, yang meliputi :
a. Jumlah
buku Perpustakaan MTsN Malang 1 : ± 14.163 eksemplar
b. Jumlah
buku pelajaran : 8.043 eksemplar
c. Jumlah
judul buku : 1.274 judul
d. Koran /
surat kabar : tiap hari 3 surat kabar
e. Majalah :
tiap bulan 4 majalah
f. Media
Pembelajaran
3. Media
pembelajaran yang tesedia meliputi
a. Perpustakaan
lengkap, AC, serta multi media
b. TV di
tiap salah satu kelas mata pelajaran
c. VCD
player di tiap salah satu kelas mata pelajaran
d. CD
pembelajaran lengkap berada di unit komputer dan perpustakaan
e. LCD
proyektor tersedia di aula yang permanent, dan satu unit lagi disimpan di ruang
IT untuk bias digunakan sewaktu waktu, di luar aula untuk setiap waktu
diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar
f. Komputer75
unit dan akses internet 24 jam
g. Kaset dan
video recorder
h. Aula
dilengkapi dengan sound system, 1 hall terbuka multi guna
i. Masjid
“AL FAJAR” sebagai prasarana ibadah warga MTsN Malang 1,yang sekaligus sebagai
laboratorium keagamaan
j. Laboratorium
sain 2 lokal, laboratorium bahasa manual 1 lokal dengan 40 both, laboratorium
bahasa multimedia satu lokal dengan 28 unitcomputer, laboratorium
computer,laboratorium psychology,bengkel senirupa, green house,
laboratorium’FARA TV’,studio musik
k. 24 lokal
untuk moving claas, 3 kelas bilingual
l. 1 ruang
bimbingan conseling
m. Lapangan
basket dan volley
n. 2 gazebo
untuk tempat diskusi siswa di luar kelas
F Dokumentasi
(gmbr.
1)
seluruh
DPL beserta Humas di MTsN Malang I
(gmbr.2)
Foto
kelas skaligus proses KBM
(gmbr.3)
Perpustakaan
di MTsN Malang I
(gmbr.4)
Penulis
beserta bpk. Taufik selaku Humas di MTsN Malang I
0 komentar:
Posting Komentar