Dalam perkembangannya, media pengajaran mengikuti perkembangan
teknologi. (http://um.ac.id) Teknologi yang paling tua yang
dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas
dasar prinsip mekanis. Kemudian teknologi audio-visual yang
menggabungkan penemuan mekanik dan elektronik untuk tujuan pengajaran.
(http://ksupointer.com) Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi
mikroprosessor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan
interaktif (Seels & Richey 1994 dalam Arsyad 2002). Berdasarkan
perkembangan teknologi tersebut, media pengajaran dikelompokkan ke
dalam empat bagian, yaitu:
1) Media Hasil Teknologi Cetak
Teknologi
cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti
buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan
mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak meliputi
teks, grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Materi
cetak dan visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan materi
dan pengajaran lainnya. Teknologi ini menghasilkan materi dalam bentuk
salinan tercetak.
2) Media Hasil Teknologi Audio-Visual
Teknologi
audio-visual adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan
menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan
pesan-pesan audio dan visual. Penyajian melalui audio-visual bercirikan
pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyktor
film, tape recorder, dan proyektor visual.
3) Media Hasil Teknologi Berbasis Komputer
Teknologi
berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi
dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor. Perbedaan
antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis koputer dengan dua
teknologi lainnya adalah karena informasi/materi disimpan dalam bentuk
digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Berbagai jenis
aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pengajaran umumnya dikenal
sebagai Computer Assisted Instruction (pengajaran berbantuan komputer).
Aplikasi tersebut meliputi drills dan practice (latihan untuk membantu
siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), tutorial
(penyajian materi pelajaran secara bertahap), permainan dan simulasi
(latihan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru
dipelajari).
4) Media Hasil Gabungan Teknologi Cetak dan Komputer
Teknologi
hasil gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi
yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan
komputer.
Media pembelajaran yang akan dibuat dalam tulisan ini adalah media pembelajaran berbasis komputer.
Labels
administrasi
(1)
anak berkebutuhan kusus abk tentang penanganan anakberbakat
(1)
aswaja
(1)
filsafat ilmi
(1)
filsafat ilmu
(4)
fiqih
(1)
hadits
(1)
laporan makalah anak berkebutuhan khusus ABK
(1)
laporan study eksekusi di mts negeri 1 malang
(1)
macam macam pengertian belajar dan makalah tentang belajar
(1)
makalah tentang mata kuliah ulumul hadits makiyah madaniyah lengkap dengan dalil dan tafsirannya ayat.
(1)
makalah tentang tuna laras
(1)
media
(1)
metodologi penelitian
(1)
pada mata kuliah psikologi anak berkebutuhan khusus ABK
(1)
pengertian filsafat
(1)
pengertian tuna laras
(1)
PPD
(2)
psikologi
(2)
psikologi pendidikant
(1)
PSSI
(1)
solusi tuna laras
(1)
sosiologi
(1)
strategi pembelajaran
(1)
supervisi
(1)
tafsir tarbawiy
(2)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar