Minggu, 01 Juli 2012

sepatu emas untuk torres

Kiev - Ada enam pemain yang mencetak tiga gol di Piala Eropa kali ini. Tapi yang berhak mendapat Golden Boot adalah penyerang Spanyol, Fernando Torres.

Selain Torres, ada nama Mario Gomez, Mario Balotelli, Mario Mandzukic, Cristianor Ronaldo dan Alan Dzagoev. Sebelum laga final di Olympic Stadion Kiev, Senin (2/7/2012) dinihari WIB, Torres tak banyak dijagokan untuk menjadi topskorer dan meraih Golden Boot.

Pasalnya Torres jarang dipasang sebagai starter dan baru dua kali ia melakukannya, yakni di laga kontra Republik Irlandia serta Kroasia. Selebihnya pemain berjuluk El Nino itu banyak diturunkan sebagai pemain cadangan.

Namun, satu gol ke gawang Gianluigi Buffon di laga yang berkesudahan 4-0 untuk Spanyol plus satu umpannya ke Juan Mata, sudah cukup mengantarkan pemain 28 tahun itu untuk merebut Golden Boot.

Aturan UEFA menyebut jika ada lebih dari satu pemain yang mencetak jumlah gol sama, maka yang pertama dilihat adalah jumlah assist kemudian lama bermain. Dalam hal ini Torres dan Gomez sama-sama punya satu assist.

Tapi dari menit bermain kedua pemain, Torres melakukannya dalam waktu 189 menit atau 81 menit lebih sedikit daripada Gomez (280). Alhasil Torres pun berhak mendapatkan Sepatu Emas.

Bagi Spanyol prestasi ini seakan meneruskan apa yang mereka lakukan empat tahun lalu ketika David Villa meraih Golden Boot dengan empat gol. Rekor gol terbanyak dalam satu turnamen Piala Eropa sampai sekarang masih dipegang Michel Platini dengan 9 gol pada Piala Eropa 1984.

Daftar Topskorer Piala Eropa 2012

3
Fernando Torres (Spanyol)
Mario Gomez (Germany)
Mario Balotelli (Italia)
Cristiano Ronaldo (Portugal)
Alan Dzagoev (Rusia)
Mario Mandzukic (Kroasia)

2
Nicklas Bendtner (Denmark)
Cesc Fabregas (Spanyol)
Zlatan Ibrahimovic (Swedia)
Petr Jiracek (Republik Ceko)
Michael Krohn-Dehli (Denmark)
Vaclav Pilar (Republik Ceko)
Dimitris Salpingidis (Yunani)
Andriy Shevchenko (Ukraina)
Xabi Alonso (Spanyol)
David Silva (Spanyol)

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

 
;