Senin, 05 November 2012

STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD REJOMULYO 1 KEDIRI TAHUN 2012



STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD REJOMULYO 1 KEDIRI TAHUN 2012
PENDAHULUAN
A.    Rumusan Masalah
Pendidikan merupakan salah satu aktivitas manusia yang paling pokok untuk kemajuan. Karna itu pendidikan harus di mulai sedini mungkin untuk mewujudkan kemajuan tersebut. Berkaitan dengan hal ini, maka menyiapkan anak pada umur yang masih kecil untuk mendapatkan pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan oleh kaum pendidik khusus orang tua.
Berdasarkan hal tersebut diatas, perkembangan anak sangat di tentukan oleh pendidikan. Demikian juga dengan perkembangan agama pada diri anak. Perkembangan agama pada diri anak sangat ditentukan oleh pendidikan pengalaman yang dilaluinya terutama pada masa-masa pertumbuhan yang pertama (masa awal) dari umur 0-12 tahun. Seorang anak yang pada masa itu tidak mendapat pendidikan agama dan tidak pula mempunyai pengalaman keagamaan, maka ia nanti akan cenderung bersikap neegatif terhadap agama.[1]
Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Sebab dari merekalah mula-mula menerima pendidikan. Dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga, pendidikan yang kedua adalah sekolah.[2] Sekolah adalah lembaga pendidikan yang penting pula sesudah kelurga. Ketika anak meningkat usia kurang lebih 5-6 tahun, perkembangan intelektual dan daya pikir mereka telah sedemikian rupa, sehingga membutuhkan beberapa dasar-dasr ilmu pengetahuan. Pada usia itulah mereka memasuki pendidikan sekolah yaitu SD.
Sekolah dasar merupakan lembaga pendidikan yang memberikan bimbingan dan penanaman, serta perkembangan jasmani dan rohani bagi anak secara sistematis untuk menumbuhkan dan membangun anak kearah kedewasaan. Dan menurut Departemen Pendidikan Nasional tentang standar kompetensi Sekolah Dasar yang di kutip oleh mansur dalam bukunya Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, adalah salah satu bentuk suatu pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak.[3]
Sekolah Dasar merupakan pendidikan anak usia dini dan di dalamnya terdapat garis-garis Besar perogram Kegiatan Belajar (GBPKB). Yakni usaha untuk mengetahui secara mendalam tentang perangkat kegiatan yang di rencanakan untuk dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Dalam rangka melaksanakan dasar-dasar bagi perkembangan diri anak.[4]
Adapun fungsi Sekolah Dasar adalah untuk mengenalkan anak dengan dunia sekitar, menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, mengembangkan keterampilan, kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki. Dalam hal ini keluarga mempunyai peran penting untuk mewujudkan peletakan dasar dalam rangka memasuki pendidikan selanjutnya.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) membawa pengaruh besar dalam perkembangan pada diri anak. Maka dari itu, hal tersebut secara tidak langsung dapat menuntut para pendidik untuk lebih profesional lagi dalam menyikapi hal tersebut yaitu dengan melakukan pembinakan yang lebih cermat serta lebih memperhatikan pendekatan dan metode yang sesuai dengan tujuan dan kondisi anak didik.
Alasan mengapa peneliti memilih lokasi penelitian di SD Rejomulyo 1 Kediri  ini karena dalam pembentukan karakter yang di terapkannya sangat berfariasi dalam pengajarannya sehinga dalam pengajararannya  anak dapat terbentuk karakter anak tersebut.
Atas dasar ini peneliti melakukan penelitian yang berjudul “STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD REJOMULYO 1 KEDIRI TAHUN 2012

B.     Fokus Penelitian
1.      Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter anak usia dini di SD Rejomulyo 1 Kediri?
2.      Metode apa yang di terapkan oleh guru dalam pembentukan karakter di SD Rejomulyo 1 Kediri?
3.      Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembentukan karakter di SD Rejomulyo 1 Kediri?
C.    Tujuan Penelitian
            Sesuai dengan rumusan masalah yang telah di kemukakan di atas, maka tujuan penelitian di sini adalah:
1.      Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mebentuk karakter di SD Rejomulyo 1 Kediri .
2.      Untuk mengetahui metode apa yang di terapkan guru dalam pembentukan karakter di SD Rejomulyo 1 Kediri.
3.      Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat bagi guru dalam pembentukan karakter di SD Rejomulyo 1 Kediri.
D.    Kegunaan Penelitian
1.      Kegunaan Teoritis
Di harapkan menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pendidikan, terutama dalam hal pendekatan guru dalam pembentukan karakter bagi anak usia dini.
2.      Kegunaan Praktis
1.      Bagi Mahasiswa
Wujud tanggung jawab moril terhadap pengembangan ilmu pendidikan.
2.      Bagi lembaga pendidikan SD Rejomulyo 1 Kediri memberikan wacana dan informasi kepada guru dan pihak-pihak terkait tentang strategi yang efektif dalam pembentukan karaker bagi anak usia dini.



[1] Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama.,(Jakarta : Bulan Bintang 1993),53
[2] Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996),35
[3] Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005),127.
[4] Ibid. 128

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

 
;